10 Khasiat Utama Ginger Essential Oil atau Jahe Untuk Tubuh dan Otak

10 Khasiat Utama Ginger Essential Oil atau Jahe Untuk Tubuh dan Otak

Sebagai salah satu bumbu makanan yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, tidak heran bahwa manfaat jahe cukup mengesankan. 1 Dengan rasa pedasnya, rasa hangat dan beberapa manfaat kesehatannya yang banyak, akar jahe memiliki bagian yang sama lezat serta bergizi. 

Jahe ini serbaguna, mudah digunakan, dan telah dikaitkan dengan segala hal, mulai dari mabuk hingga membantu fungsi otak yang lebih baik

Manfaat kesehatan jahe sebagian besar karena antioksidan, sifat anti-inflamasi dan kandungan senyawa terapeutik seperti gingerol, shogaol, paradol dan zingerone.

Jadi apa yang baik untuk jahe dan bagaimana Anda bisa memasukkannya ke dalam diet Anda? 

Tersedia dalam bentuk segar, kering, tanah, kapsul dan jus, akar jahe mudah untuk ditambahkan ke diet dan dapat memiliki dampak yang langgeng pada hampir setiap aspek dari kesehatan.

Siap untuk mencobanya? 

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang bahan super manfaat ini dan cara memperoleh manfaatnya yang unik.

Apa itu Jahe dan Akar Jahe

Jahe, juga dikenal sebagai Zingiber officinale, adalah tanaman berbunga yang terkait erat dengan kunyit dan kapulaga. Batang bawah tanah, atau rimpang, dari tanaman jahe umumnya dikenal sebagai akar jahe dan terkenal karena sifat obatnya.

Manfaat kesehatan jahe didokumentasikan dengan baik dan jahe telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat alami selama ribuan tahun karena sifat obatnya. Bahkan, teks-teks Cina kuno, Romawi, Yunani, Arab dan Sanskrit telah mendokumentasikan penggunaan akar jahe untuk membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Ini dapat ditemukan dalam bentuk segar, tanah atau kapsul – atau bahkan sebagai minyak atsiri jahe – dan itu terkait dengan daftar ekstensif manfaat kesehatan jahe. Penelitian baru saja mulai mengikis permukaan ketika datang ke banyak manfaat yang terkait dengan jahe. Mulai dari memerangi infeksi hingga menurunkan kolesterol dan meningkatkan penurunan berat badan, jelas bahwa menambahkan akar jahe ke dalam diet Anda dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan.

Love property? Subscribe to our newsteller to read about property trends and updates

10 Khasiat Utama Ginger

1. Membantu Mengurangi Rasa Mual

Digunakan secara historis sebagai obat alami untuk penyakit laut dan morning sickness, jahe mungkin paling terkenal karena kemampuannya untuk mengobati mual.

Satu review melihat hasil dari 12 studi yang terdiri dari 1.278 wanita hamil dan menemukan bahwa jahe efektif mengurangi gejala mual dengan risiko minimal efek samping. 2 Plus, studi lain dari University of Rochester Medical Center menunjukkan bahwa jahe membantu mengurangi tingkat keparahan mual pada pasien yang menerima kemoterapi. 3

2. Menghambat Pertumbuhan Jamur

Infeksi jamur menyebabkan berbagai macam kondisi, mulai dari infeksi jamur hingga gatal pada atlet dan kaki atlet. Untungnya, jahe memiliki sifat anti-jamur yang kuat yang dapat dengan aman dan berhasil membantu membunuh jamur penyebab penyakit.

Dalam satu studi uji tabung 2016 dari Iran, ekstrak jahe ditemukan efektif terhadap dua jenis ragi yang biasanya menyebabkan infeksi jamur di mulut. 4 Penelitian tabung-uji lain di Mycoses mengukur efek antijamur dari 29 spesies tanaman dan menemukan bahwa jahe adalah yang paling efektif dalam membunuh jamur. 5

3. Melindungi Terhadap Tukak Lambung

Ulkus lambung adalah luka yang menyakitkan yang terbentuk di lapisan lambung dan menyebabkan gejala seperti gangguan pencernaan, kelelahan, nyeri ulu hati dan ketidaknyamanan perut.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jahe bisa membantu mencegah pembentukan bisul perut. Bahkan, satu penelitian pada hewan tahun 2011 menunjukkan bahwa bubuk jahe terlindung dari ulkus perut yang diinduksi aspirin oleh penurunan kadar protein inflamasi dan menghalangi aktivitas enzim yang berkaitan dengan perkembangan ulkus. 6

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat jahe yang paling kuat adalah kemampuannya untuk mendukung kesehatan pencernaan dan mencegah masalah seperti dispepsia, kondisi umum gangguan pencernaan yang ditandai dengan gejala seperti nyeri, nyeri ulu hati, kepenuhan dan ketidaknyamanan.

Menurut sebuah penelitian di World Journal of Gastroenterology, jahe mampu mempercepat pengosongan lambung sebesar 25 persen dibandingkan dengan plasebo pada orang dengan gangguan pencernaan. 7 Studi lain bahkan menemukan bahwa mengkonsumsi kapsul jahe dengan makanan benar-benar menggandakan kecepatan pengosongan perut 8.

5. Meredakan Peradangan

Meskipun peradangan bisa normal, respons imun yang sehat terhadap cedera dan infeksi, peradangan kronis diyakini menjadi penyumbang utama untuk kondisi seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan kanker. 9

Satu ulasan dalam International Journal of Preventive Medicine mencatat bahwa ekstrak jahe dapat membantu menghambat sintesis penanda-penanda peradangan tertentu. Selain gingerol, itu juga mengandung senyawa anti-inflamasi lainnya seperti shogaol, paradol dan zingerone. 10

6. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Selain sifat antijamurnya, jahe juga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Bakteri patogen adalah penyebab umum di balik kondisi seperti infeksi saluran kemih, radang paru-paru dan bronkitis.

Menurut satu studi tabung-uji, senyawa yang ditemukan dalam jahe dapat membantu menghambat pertumbuhan strain bakteri tertentu yang menyebabkan penyakit gusi. 11 Penelitian tabung-lain menunjukkan bahwa ekstrak jahe juga efektif terhadap beberapa strain bakteri yang resistan terhadap obat. 12

7. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Dari memproduksi empedu hingga hormon manufaktur, kolesterol sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat menumpuk di dalam darah, menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Salah satu manfaat terbesar jahe adalah kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami untuk mengurangi risiko masalah jantung. Sebuah penelitian yang dilakukan di Babol University of Medical Sciences benar-benar menemukan bahwa jahe mampu secara signifikan mengurangi kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol HDL yang bermanfaat dibandingkan dengan plasebo. 13 Sebuah penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa jahe hampir sama efektifnya dalam menurunkan kolesterol sebagai atorvastatin, obat yang biasa diresepkan untuk kolesterol darah tinggi. 14

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson telah dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis di otak. Dengan kekayaan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang kuat, jahe diyakini memainkan peran penting dalam kesehatan otak Anda.

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak jahe dapat melindungi terhadap penuaan otak dan penurunan kognitif. 15,16 Tidak hanya itu, tetapi studi 2012 juga menemukan bahwa ekstrak jahe membantu meningkatkan fungsi kognitif dan perhatian pada wanita paruh baya. 17

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, menambahkan jahe ke dalam diet Anda dapat membantu mengobati nyeri otot dan nyeri sendi yang berhubungan dengan arthritis.

Salah satu penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jahe setiap hari menghasilkan pengurangan nyeri otot yang disebabkan oleh olahraga yang disebabkan oleh olahraga sedang hingga besar. 18 Studi lain menemukan bahwa ekstrak jahe membantu mengurangi nyeri lutut dan kebutuhan untuk obat nyeri pada individu dengan osteoartritis. 19

10. Meningkatkan Fungsi Otak

Sayangnya, efek samping yang merugikan seperti rasa sakit, kram periode dan sakit kepala umumnya terkait dengan menstruasi bagi banyak wanita. Sementara beberapa beralih ke obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan gejala, pengobatan alami seperti jahe sama bermanfaatnya dalam mengurangi nyeri haid.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa jahe sama efektifnya dalam mengurangi nyeri haid sebagai obat seperti ibuprofen dan asam mefanamic. 20 Penelitian lain pada tahun 2009 memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa jahe mampu mengurangi intensitas dan durasi rasa sakit. 21

Jahe Kini Ada Ekstraknya!

Ginger Essential Oil Young Living

Ginger Essential Oil Young Living Indonesia

Anda tidak perlu lagi memarut atau mengolah jahe mentah sampai siap digunakan.

Young Living menyediakan Ginger Essential Oil yang mengandung 100% minyak murni dari rimpang jahe dan akarnya dan minyak atsiri yang dihasilkan adalah grade Teurapetik.

  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK92775/
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3995184/
  3. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21818642/
  4. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27127591
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12588480
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3763798/
  7. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3016669/
  8. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18403946
  9. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3492709/
  10. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3665023/
  11. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18814211
  12. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3609356/
  13. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18813412
  14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23901210
  15. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23374025
  16. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20952170
  17. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3253463/
  18. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20418184
  19. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/11710709
  20. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19216660
  21. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3518208/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *