12 Manfaat Orange Essential Oil Young Living Indonesia

12 Manfaat Orange Essential Oil Young Living Indonesia

Manfaat Orange Essential Oil

Tingkatkan Kekebalan, Menjaga Kulit & Membersihkan Dapur Anda!

Beli Essential Oil di Tokopedia

Manfaat Orange Essential Oil Young Living berasal dari buah tanaman jeruk “Citrus sinesni”. Kadang-kadang juga disebut “minyak jeruk manis”, ini berasal dari kulit luar buah jeruk biasa, yang telah digunakan selama berabad-abad karena efeknya untuk meningkatkan kekebalan.

Umumnya orang terkena sedikit minyak jeruk ketika mengupas atau mengiris jeruk. Jika Anda tidak terbiasa dengan kegunaan dan manfaat  esensial oil, Anda mungkin terkejut mengetahui berapa produk yang menggunakan orange sebagai bahan tambahan. Pernah menggunakan sabun, deterjen, atau pembersih dapur yang berbau jeruk? Itu karena Anda sering menemukan minyak orange dalam produk rumah tangga dan kosmetik untuk aroma dan efek pembersihannya.

Untuk apa orange essential oil digunakan? Jawaban singkatnya: banyak hal! Ini ditambahkan ke banyak produk kecantikan seperti lotion, sampo, perawatan jerawat, dan obat kumur karena memiliki sifat antibakteri dan wangi yang kuat dan segar.

Di rumah Anda, Anda mungkin memiliki semprotan furnitur dan pembersih dapur atau kamar mandi yang juga mengandung minyak esensial jeruk. Minyak juga biasa digunakan sebagai penambah rasa yang disetujui dalam minuman, seperti jus buah atau soda, meskipun ada banyak cara yang lebih alami untuk mendapatkan manfaatnya.

12 Manfaat Orange Essential Oil Young Living Indonesia

Apa manfaat minyak esensial jeruk? Ada banyak! Mari kita lihat beberapa manfaat utama dari minyak jeruk yang mengesankan ini.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Limonene, yang merupakan monocyclic monoterpene yang ada dalam minyak kulit jeruk, adalah pelindung yang kuat melawan stres oksidatif yang dapat berdampak negatif pada sistem kekebalan kita.

Minyak jeruk bahkan memiliki kemampuan melawan kanker, karena monoterpen telah terbukti menjadi agen kemo-preventif yang sangat efektif melawan pertumbuhan tumor.1

Manfaat Orange Essential Oil Sebagai Antibakteri

Essential Oil yang terbuat dari buah jeruk menawarkan potensi antimikroba alami untuk digunakan dalam meningkatkan keamanan makanan.
Minyak jeruk ditemukan dapat mencegah perkembangbiakan bakteri E. coli dalam satu studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam International Journal of Food and Science Technology.

E. coli, jenis bakteri berbahaya yang ada dalam makanan yang terkontaminasi seperti sayuran dan daging, dapat menyebabkan reaksi serius saat tertelan, termasuk gagal ginjal dan kemungkinan kematian. 2

Studi 2008 lainnya yang diterbitkan dalam Journal of Food Science menemukan bahwa minyak jeruk dapat menghambat penyebaran bakteri salmonella karena mengandung senyawa antimikroba yang kuat, terutama terpene. 3

Salmonella dapat menyebabkan reaksi gastrointestinal, demam, dan efek samping yang serius jika makanan tanpa disadari terkontaminasi dan dikonsumsi.

Pembersih Dapur dan Penolak Semut

Minyak jeruk memiliki aroma jeruk segar, manis, dan alami yang akan memenuhi dapur Anda dengan aroma bersih. Pada saat yang sama, ketika diencerkan, ini adalah cara yang bagus untuk membersihkan meja dapur, talenan, atau peralatan tanpa perlu menggunakan pemutih atau bahan kimia keras yang ditemukan di sebagian besar produk.

Tambahkan beberapa tetes ke botol semprotan bersama dengan minyak pembersih lainnya seperti minyak bergamot dan air untuk membuat pembersih minyak jeruk Anda sendiri.

Anda juga bisa menggunakan minyak jeruk untuk semut, karena pembersih DIY ini juga merupakan pengusir semut alami yang bagus.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Orange Essential Oil adalah obat alami untuk tekanan darah tinggi dan mampu meningkatkan aliran darah dan melawan hipertensi, beberapa faktor risiko terbesar penyakit jantung.

Sebuah studi yang diterbitkan 2014 membandingkan efek subjek manusia yang menghirup udara segar dibandingkan dengan minyak esensial jeruk. Mereka menemukan bahwa orang yang menghirup minyak jeruk mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan. Selain itu, “perasaan nyaman” secara signifikan lebih besar selama menghirup minyak esensial jeruk dibandingkan saat menghirup udara segar. 4

Karena kemampuannya memutar darah, mungkin juga berguna untuk meningkatkan libido rendah, mengurangi rasa sakit akibat sakit kepala, dan menurunkan gejala terkait PMS.

Gunakan minyak jeruk dengan minyak pembawa untuk membuat minyak pijat buatan sendiri yang dapat dioleskan ke area perut untuk meningkatkan aliran darah.

Anti Inflamasi

Efek anti-inflamasi yang kuat dari Manfaat Orange Essential Oil telah diteliti terkait dengan efeknya untuk melawan rasa sakit, infeksi, dan penyakit paru obstruktif kronik.

Faktanya, di antara beberapa minyak anti-inflamasi yang populer, termasuk minyak lemon, pinus, dan kayu putih, minyak jeruk telah menunjukkan penurunan peradangan terbesar.

Ini ditunjukkan dalam studi in vitro tahun 2009 yang diterbitkan dalam European Journal of Medical Research yang menyelidiki potensi antioksidan dari berbagai minyak esensial termasuk minyak jeruk. 5Manfaat Orange Essential Oil

Pereda Nyeri

Jika Anda menderita nyeri otot, tulang, atau sendi, minyak jeruk dapat membantu mematikan respons peradangan yang meningkatkan pembengkakan pada jaringan, menjadikannya obat alami untuk nyeri tulang dan sendi.

Uji klinis acak yang diterbitkan pada tahun 2017 mengamati efek aromaterapi minyak jeruk pada pasien yang dirawat di ruang gawat darurat rumah sakit untuk patah tulang. Para peneliti hanya meletakkan empat tetes minyak jeruk pada bantalan dan menempelkannya ke kerah setiap pasien kurang dari delapan inci dari kepala. Bantalan infus minyak esensial lama diganti dengan yang baru setiap jam dan rasa sakit serta tanda vital pasien diperiksa setiap jam setidaknya selama enam jam.

Secara keseluruhan, para peneliti menyimpulkan, “Aromaterapi dengan minyak jeruk dapat meredakan nyeri pada pasien yang mengalami patah tulang tetapi tidak berpengaruh pada tanda-tanda vital mereka. Oleh karena itu, aromaterapi dengan minyak jeruk dapat digunakan sebagai obat pelengkap pada pasien ini. ” 6

Minyak jeruk juga meningkatkan suasana hati yang lebih positif, yang berguna untuk meningkatkan toleransi rasa sakit dan membantu Anda tidur lebih nyenyak saat merasa sakit atau tidak nyaman. Gosokkan minyak jeruk yang dicampur dengan minyak pembawa ke otot yang sakit atau area bengkak untuk meredakan peradangan.

Anxiety Calmer dan Mood Booster

Manfaat Orange Essential Oil juga terbukti menyegarkan dan menenangkan. Ahli aromaterapi dan praktisi kesehatan alami telah menggunakan minyak jeruk sebagai obat penenang ringan dan antidepresan alami selama berabad-abad. Karena memiliki sifat anxiolytic dan mengurangi gejala terkait kecemasan, paparan minyak jeruk hanya selama lima menit dapat mengubah suasana hati dan meningkatkan motivasi, relaksasi, dan kejernihan.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Complimentary Therapies of Medicine menemukan bahwa stimulasi penciuman menggunakan minyak jeruk dan mawar menginduksi relaksasi fisiologis dan psikologis. Studi tersebut menyelidiki efek minyak esensial jeruk dan mawar pada aktivitas korteks prefrontal pada 20 otak partisipan wanita, yang mengungkapkan tingkat stimulasi atau relaksasi mereka.

Setelah setengah dari wanita terpapar difusi jeruk dan minyak mawar selama 90 detik, mereka mengalami penurunan yang signifikan dalam konsentrasi oksihemoglobin di korteks prefrontal kanan otak dibandingkan dengan kelompok kontrol, yang mengakibatkan peningkatan “kenyamanan”, ” perasaan santai “dan” alami “. 7

Studi lain yang juga diterbitkan pada tahun 2014 menunjukkan bagaimana aromaterapi dengan minyak C. aurantium adalah “intervensi sederhana, murah, non-invasif, dan efektif untuk mengurangi kecemasan selama persalinan.” 8

Menyebarkan minyak jeruk di rumah Anda, menambahkan sedikit ke sabun mandi atau parfum, atau menghirupnya secara langsung dapat meningkatkan suasana hati Anda dan membawa relaksasi. Minyak esensial jeruk memiliki efek langsung pada sistem penciuman otak yang dengan cepat membangkitkan respons emosional.Orange Essential Oil

Tidur Lebih Baik

Apakah Orange Essential Oil baik untuk tidur? Pasti bisa! Karena penelitian menunjukkan bahwa minyak jeruk menyegarkan dan menenangkan, ini adalah aroma yang bagus untuk mencerahkan suasana hati Anda di pagi hari atau menenangkan saraf Anda setelah hari yang melelahkan. Tinjauan sistemik minyak esensial yang diterbitkan pada tahun 2015 memasukkan jeruk manis dalam daftar minyak bermanfaat untuk insomnia. 9

Cobalah menyebarkan minyak esensial jeruk sebelum tidur untuk istirahat malam yang lebih nyenyak.

Merawat Kulit

Anda juga bisa menggunakan Orange Essential Oil untuk kulit! Buah jeruk dikenal memberikan vitamin C tingkat tinggi yang membantu melindungi dan menyembuhkan kulit, menjadikan jeruk salah satu makanan vitamin C terbaik.

Orange Essential Oil, seperti Orange Essential Oil lainnya, berasal dari kulit buah dan penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk mengandung kadar vitamin C yang lebih tinggi daripada buah itu sendiri! 10

Jadi ini berarti minyak esensial jeruk juga sangat bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan flek hitam karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. 11

Melawan Jerawat

Orange Essential Oil telah terbukti efektif melawan bakteri penyebab jerawat. Karena sekarang kita melihat strain bakteri tahan antimikroba yang menyebabkan jerawat, sangat penting untuk menemukan solusi alami yang lebih sehat seperti minyak jeruk untuk digunakan sebagai obat rumahan untuk jerawat. 12

Ingatlah bahwa sedikit saja sudah cukup, jadi gunakan sedikit yang dikombinasikan dengan minyak kelapa pada bola kapas yang bisa Anda oleskan ke area yang terkena. Kemerahan, nyeri, dan bengkak akibat jerawat juga akan berkurang, sementara Anda akan menghindari pengeringan bahan kimia yang ditemukan di sebagian besar perawatan jerawat komersial. Coba gunakan dengan minyak kuat lainnya seperti minyak geranium atau minyak kayu manis.

Mouth Wash dan Pelindung Gusi Alami

Karena Orange Essential Oil memiliki kemampuan untuk melawan pertumbuhan bakteri, dapat membantu melindungi gigi dan gusi dari infeksi. 13 Ini juga telah digunakan untuk membantu meringankan sakit tenggorokan untuk bantuan cepat saat berkumur dengan air dan garam.

Anda juga dapat mencoba minyak kelapa dengan menggunakan beberapa tetes minyak jeruk yang dicampur dengan minyak kelapa murni. Penambahan jeruk ini membuat rasa dan aroma minyak lebih nikmat juga!

Melawan sel Kanker

D-limonene, yang terdiri lebih dari 90 persen minyak kulit jeruk, adalah monoterpene yang memiliki aktivitas kemo-preventif yang kuat karena telah terbukti mengurangi pertumbuhan tumor pada banyak penelitian pada hewan.

Penelitian menunjukkan bahwa monoterpen memblokir kanker payudara, kulit, hati, paru-paru, pankreas, dan perut. Kemampuan untuk melawan karsinogenesis kemungkinan besar disebabkan oleh induksi enzim pemetabolisme karsinogen Tahap II, yang mengakibatkan detoksifikasi karsinogen. Monoterpen juga membantu menginduksi apoptosis dan protein pengatur pertumbuhan.15

Dalam studi lain yang dilakukan oleh Indian Journal of Experimental Biology, minyak jeruk menunjukkan kemampuan untuk menekan pertumbuhan tumor karena meningkatkan fungsi detoksifikasi hati, pensinyalan saraf, dan peremajaan sel.

Tikus yang diberi minyak jeruk selama lima setengah bulan menunjukkan efek kemopreventif minyak jeruk yang dipantau menggunakan berat hati mereka. Pemberian minyak jeruk mengakibatkan penurunan bobot hati, peningkatan kompleks antar sela gap junctional, dan peningkatan densitas dan polaritas sel bila dibandingkan dengan kelompok kontrol. 16

Cara Memilih & Menggunakan Minyak Jeruk

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak jeruk, carilah minyak yang diperoleh dengan metode pemerasan dingin dari kulit jeruk yang sebenarnya. Ini melindungi antioksidan peka panas dan bahan aktif yang dapat dengan mudah hancur selama pemrosesan dan distilasi uap.

Karena ekstraknya hanya berasal dari lapisan luar jeruk, yang terpapar lingkungan tempat tumbuhnya, penting juga untuk mencari minyak jeruk organik yang diperas dingin untuk menghindari keracunan kimiawi. Jenis ini dibuat dengan memeras kuat kulit jeruk yang telah ditanam tanpa menggunakan pestisida atau herbisida.

Orange Essential Oil sangat serbaguna dan cocok dengan hampir semua minyak lainnya, itulah mengapa ia disertakan dalam semua jenis campuran minyak, termasuk relaksan, stimulan, pembersih, pembersih, dan afrodisiak. Beberapa minyak esensial untuk dicoba menggabungkannya termasuk kayu manis, allspice, adas manis, kemangi, bergamot, clary sage, eucalyptus, kemenyan, geranium, jahe, kayu cendana, melati dan minyak cengkeh.

Metode Menggunakan Orange Essential Oil

Diambil dari panduan minyak esensial saya, berikut adalah beberapa metode untuk menggunakan minyak jeruk dengan aman di rumah:

  • Secara aromatik: Anda dapat mendifusi minyak di rumah menggunakan diffuser atau menghirup minyak secara langsung. Untuk membuat penyegar ruangan alami, tuangkan beberapa tetes minyak bersama air ke dalam botol spritz.
  • Topikal: Sebelum mengoleskan minyak jeruk ke kulit Anda, itu harus diencerkan dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa atau minyak jojoba, dengan perbandingan 1: 1. Setelah Anda mengetahui reaksi Anda terhadap minyak jeruk aman, Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat, losion, atau sabun mandi.
  • Secara internal: Menelan minyak jeruk HANYA disarankan jika Anda menggunakan merek “kelas terapeutik” organik yang sangat berkualitas tinggi. Anda dapat menambahkan setetes air atau seltzer, atau meminumnya sebagai suplemen makanan yang mencampurkannya dengan madu atau menjadi smoothie. Ini membantu menurunkan kembung dan meningkatkan pencernaan dan detoksifikasi dari dalam ke luar.

FDA mengakuinya aman untuk dikonsumsi (21CFR182.20), tetapi ini hanya berlaku jika Anda membeli minyak murni dan tidak tercemar. Anda mendapatkan apa yang Anda bayar, jadi pastikan untuk mencari merek yang memiliki reputasi baik dan teruji!

Ingin tahu di mana bisa membeli minyak jeruk? Tidak sulit menemukan minyak esensial jeruk secara online atau di toko kesehatan terdekat. Selalu pastikan untuk membeli minyak jeruk berkualitas tinggi, 100 persen murni, terapeutik sehingga Anda bisa mendapatkan yang terbaik dan juga minyak jeruk yang benar-benar aman untuk dimakan. Anda bisa menggunakan minyak jeruk untuk memasak dengan kualitas tinggi seperti yang baru saja saya jelaskan.

Bagaimana Anda membuat minyak jeruk? Di rumah, Anda bisa memasukkan minyak dasar seperti minyak zaitun dengan kulit jeruk, tetapi ini sama sekali tidak sama dengan minyak jeruk esensial murni. Cara membuat minyak jeruk seperti yang Anda temukan di toko atau online membutuhkan peralatan khusus sehingga sangat berharga untuk membeli minyak jeruk berkualitas tinggi yang dibuat secara profesional untuk mendapatkan versi yang terbaik dan paling murni.

Sejarah dan Fakta Menarik

Pernahkah Anda memperhatikan sedikit minyak yang larut saat dipotong menjadi jeruk atau “disiram” kulitnya untuk menggunakan kulit luarnya dalam resep? Rasa dan aroma kuat yang berasal dari minyak ini persis seperti yang terkonsentrasi dalam minyak esensial jeruk. Formula kuat dari bahan aktif jeruk bertanggung jawab atas kemampuan penyembuhannya.

Sebagai metode alami untuk meningkatkan fungsi kekebalan dan melawan berbagai penyakit, minyak jeruk telah menjadi obat populer dalam pengobatan tradisional di seluruh Mediterania, India, dan China selama ratusan, bahkan ribuan, tahun. Sepanjang sejarah, minyak jeruk telah digunakan untuk mengobati kondisi yang meluas, termasuk: pencernaan yang buruk, kelelahan kronis, depresi, infeksi mulut dan kulit, pilek, flu, dan libido rendah.

Minyak jeruk sering digunakan dalam pestisida hijau untuk pengendalian hama. Ini terutama dikenal untuk membunuh semut secara alami dan juga untuk menghilangkan jejak aroma-feromon mereka dan membantu mencegah infestasi kembali.

Efek Samping dan Interaksi Minyak Jeruk

Karena sangat manjur, minyak dapat menyebabkan reaksi pada kulit saat Anda menggunakannya secara langsung, jadi mulailah dengan jumlah yang sedikit dan pastikan Anda tidak mengalami kemerahan, bengkak, atau gatal-gatal. Sebaiknya lakukan “uji tempel kulit” pada sebagian kecil kulit – misalnya lengan Anda – sebelum menggunakannya pada bagian yang lebih besar atau area sensitif seperti wajah Anda.

Jika Anda alergi terhadap jeruk atau buah jeruk lainnya, Anda tidak boleh menggunakan minyak jeruk, yang dapat menyebabkan reaksi serius baik secara internal maupun eksternal. Juga berhati-hatilah saat menggunakannya pada anak Anda secara topikal atau jika Anda hamil, menyusui, minum obat atau memiliki kondisi medis tertentu. Minyak esensial sangat kuat dan berinteraksi dengan obat lain, jadi bicarakan dengan dokter Anda jika Anda tidak yakin bagaimana penggunaan minyak jeruk akan memengaruhi kondisi kesehatan yang ada seperti kanker, penyakit jantung, kerusakan hati, atau gangguan kulit.

Hal lain yang perlu diperhatikan Manfaat Orange Essential Oil adalah dapat meningkatkan efek paparan sinar UV pada kulit. Sebaiknya hindari sinar matahari atau sinar UV langsung hingga 12 jam setelah mengoleskan minyak ke kulit Anda sehingga Anda tidak mengalami luka bakar.

KESIMPULAN

Poin Utama

  • Manfaat Orange Essential Oil banyak termasuk: peningkatan sistem kekebalan dan kemungkinan memerangi kanker; agen antibakteri alami untuk pembersihan dan perawatan kulit; pengusir semut alami; peredam tekanan darah; anti-inflamasi dan pereda nyeri; dan kecemasan yang lebih tenang, penguat mood dan promotor tidur.
  • Dengan aroma jeruknya yang menyenangkan, minyak jeruk mudah dinikmati dan digunakan setiap hari.
  • Minyak jeruk biasanya ditemukan di banyak produk rumah tangga biasa karena sangat bermanfaat dari pembersih alami hingga produk gigi hingga kosmetik.
  • Anda dapat menggunakan minyak esensial jeruk berkualitas tinggi secara aromatik, topikal dan internal.
  • Minyak esensial jeruk “berkualitas tinggi” adalah yang 100 persen murni, tingkat terapeutik dan organik.
  1. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12635690
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3441195/
  3. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1750-3841.2008.00790.x
  4. https://www.jstor.org/stable/24586839?seq=1#page_scan_tab_contents
  5. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3521325/
  6. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5661347/
  7. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25453523
  8. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4102991/
  9. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2221169115001033
  10. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/pdf/10.1002/fsn3.660
  11. https://lpi.oregonstate.edu/mic/health-disease/skin-health/vitamin-C
  12. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23235794
  13. www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1693916/
  14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/10082788 [\note]

    Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Nutrition and Food Research, minyak jeruk dapat secara efektif membantu menghentikan perkembangbiakan sel kanker paru-paru dan usus besar manusia.

    Hal ini disebabkan oleh polimetoksiflavon terhidroksilasi minyak jeruk (sekelompok senyawa flavonoid yang terutama ditemukan pada tanaman jeruk) yang terkait dengan protein pensinyalan kunci modulasi yang terkait dengan proliferasi sel dan apoptosis. 14 https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1002/mnfr.200900605

  15. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12635690

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *