4 Essential Oil Untuk Sakit Kepala

4 Essential Oil Untuk Sakit Kepala

Essential Oil sebagai Alternatif untuk menghilangkan Sakit Kepala

Essential Oil Untuk Sakit Kepala -Jutaan orang di seluruh dunia pasti pernah menderita sakit kepala karena berbagai alasan, dan mereka sering tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya! Ada banyak penyebab, termasuk stres, kelelahan, alergi, hormon, kekurangan asupan makanan yang bergizi, Masalah soal urusan pencernaan, dan akibat konsumsi alkohol atau obat-obatan.

Jika Anda sering mengalami sakit kepala dan berusaha untuk menemukan pengobatan yang efektif, selain menggunakan obat obatan kimia bisa juga banyak yang menggunakan pengobatan sakit kepala secara alami di luaran sana.

Tapi mungkin Anda perlu mencoba satu pilihan, satu alternatif menggunakan bahan alami yang bisa membuat perubahan besar? Saya berbicara tentang minyak esensial untuk mengurangi masalah sakit kepala.

Perawatan sakit kepala yang paling umum adalah dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol namun perlu diperhatikan selain efek penyembuhan, obat obatan kimia ini disertai juga dengan sejumlah efek samping yang buruk, seperti kerusakan ginjal dan hati; ditambah mereka tidak mengobati penyebab masalahnya.

Minyak esensial berfungsi sebagai perawatan sakit kepala karena mereka secara aman dan efektif mengobati pemicu sakit kepala, sampai ke akar masalahnya dan bukannya meminimalkan rasa sakit untuk sementara. Plus, bila menggunakan minyak esensial untuk sakit kepala melalui diffuser, tidak ada efek samping yang buruk dan Anda benar-benar mengendalikan dosis Anda – menyesuaikannya dengan jenis sakit kepala yang Anda alami.

Bagaimana Minyak Atsiri Mengobati Sakit Kepala?

Tidak seperti penghilang rasa sakit yang biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala dan migrain saat ini, minyak esensial berfungsi sebagai alternatif yang lebih efektif dan aman. Minyak atsiri mampu mengurangi rasa sakit, memperlancar sirkulasi  dan mengurangi stres. Mereka juga memiliki beribu manfaat kesehatan lainnya dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Sebenarnya, ada beberapa cara lain yang juga aman dan bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala daripada menggunakan minyak esensial untuk sakit kepala. Seharusnya tidak harus ragu lagi mengingat penggunaan aromaterapi telah lama digunakan untuk mengobati rasa sakit dan sakit kepala.

Setiap sakit kepala memiliki pemicunya. Salah satu penyebab utama sakit kepala adalah perubahan hormon pada wanita. Fluktuasi estrogen dapat memicu sakit kepala pada banyak wanita, terutama sebelum atau selama menstruasi ketika kadar estrogen turun.

Beberapa wanita mengalami migrain selama kehamilan atau menopause akibat ketidakseimbangan hormon. Obat-obatan hormonal bahkan bisa memperburuk sakit kepala, jadi gunakan minyak esensial sebagai perawatan yang lembut dan alami.

Minyak lavender dan rosemary, misalnya, adalah minyak menenangkan yang menghilangkan rasa sakit dan mengurangi ketegangan. Kedua minyak tersebut digunakan untuk mengobati gejala PMS dan ketidakseimbangan hormon, termasuk sakit kepala dan serangan migrain.

Pemicu sakit kepala utama lainnya adalah stres, yang bisa dikurangi dengan menggunakan minyak lavender dan peppermint secara aromatik. Perubahan pola tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala – untungnya, lavender bekerja sebagai obat penenang ringan yang membantu orang yang menderita insomnia atau kurang tidur.

Sakit kepala juga bisa diakibatkan oleh aktivitas fisik yang intens, alergi, tekanan sinus (sinusitis), adanya sumbatan, makanan tertentu dan rangsangan sensorik. Semua pemicu ini bisa diminimalkan atau bahkan dihilangkan dengan minyak esensial. Tidak heran mereka telah digunakan selama ribuan tahun – minyak ajaib ini memiliki kemampuan untuk mengobati hampir semua kondisi kesehatan.

1. Peppermint Essential Oil Untuk Sakit Kepala

Penggunaan dan manfaat minyak peppermint mencakup efek pendinginan yang tahan lama pada kulit, kemampuan untuk menghambat kontraksi otot dan peran dalam merangsang aliran darah di dahi saat diterapkan secara topikal.

Menerapkan minyak esensial peppermint secara topikal di dahi dan di pelipis secara efektif mengurangi sakit kepala ketegangan. Dalam sebuah studi tahun 1996, 41 pasien (dan 164 serangan sakit kepala) dianalisis dalam studi crossover terkontrol plasebo. Minyak peppermint dioleskan secara topikal 15 dan 30 menit setelah sakit kepala dimulai.

Peserta melaporkan penghilang rasa sakit di buku harian sakit kepala mereka, dan minyak peppermint terbukti menjadi alternatif yang dapat ditoleransi dengan baik dan hemat biaya untuk terapi sakit kepala biasa. Juga tidak ada efek samping yang dilaporkan setelah pengobatan peppermint. 1

Studi penting lainnya dilakukan pada tahun 1995 dan dipublikasikan di International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology. Tiga puluh dua partisipan sehat dievaluasi, dan perawatan minyak esensial diselidiki dengan membandingkan pengukuran baseline dan perawatan. Salah satu pengobatan yang efektif adalah kombinasi minyak peppermint, minyak kayu putih dan etanol.

Periset menggunakan spons kecil untuk menerapkan campuran ini, yang memiliki efek menenangkan otot dan mental, ke dahi dan kuil peserta. Ketika peppermint dicampur dengan etanol saja, periset menemukan bahwa hal itu mengurangi sensitivitas saat sakit kepala. 2

Untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit dan meredakan ketegangan, encerkan dua sampai tiga tetes minyak peppermint dengan minyak kelapa dan gosokkannya ke bahu, dahi dan belakang leher.

2. Lavender Essential Oil Untuk Sakit Kepala

Minyak esensial Lavender memiliki berbagai khasiat terapeutik dan kuratif. Ini menginduksi relaksasi dan mengurangi ketegangan dan stres – bekerja sebagai obat penenang, antidepresan, anti-kecemasan, anxiolytic, antikonvulsan dan menenangkan. Ada juga bukti yang berkembang bahwa minyak lavender berfungsi sebagai pengobatan yang efektif untuk kondisi dan gangguan neurologis.

Menurut para peneliti, penggunaan minyak lavender secara aromatik dan topikal mempengaruhi sistem limbik karena konstituen utama, linalool dan linalyl acetate, cepat diserap melalui kulit dan diperkirakan menyebabkan depresi sistem saraf pusat. Untuk alasan ini, minyak lavender bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala akibat gangguan kecemasan dan kondisi terkait.

Manfaat minyak lavender termasuk menghilangkan perasaan gelisah dan terganggu tidur, dua gejala sakit kepala. Ini juga mengatur tingkat serotonin, yang membantu meminimalkan rasa sakit pada sistem saraf yang dapat menyebabkan serangan migrain. 3

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan di European Neurology menemukan bahwa minyak esensial lavender adalah modalitas efektif dan aman dalam penanganan sakit kepala migrain. Empat puluh tujuh peserta diselidiki dalam uji klinis terkontrol plasebo ini. Kelompok perlakuan menghirup minyak lavender selama 15 menit saat sakit kepala migrain. Pasien kemudian diminta untuk mencatat tingkat keparahan sakit kepala dan gejala terkait dalam interval 30 menit selama dua jam.

Perbedaan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan secara statistik signifikan. Dari 129 kasus sakit kepala pada kelompok perlakuan, 92 menanggapi seluruhnya atau sebagian terhadap inhalasi minyak lavender. Pada kelompok kontrol, 32 dari 68 mencatat bahwa serangan sakit kepala menyerang plasebo; persentase responden secara signifikan lebih tinggi pada kelompok lavender dibandingkan kelompok plasebo. 4

Untuk mengurangi ketegangan otot, meningkatkan mood, membantu tidur dan menghilangkan stres, menyebarkan lima tetes minyak lavender di rumah atau di kantor. Anda juga bisa mengoleskan minyak lavender secara topikal ke bagian belakang leher, bait dan pergelangan tangan untuk menghilangkan stres atau ketegangan sakit kepala. Untuk merilekskan tubuh dan pikiran Anda, tambahkan lima sampai 10 tetes minyak lavender ke bak mandi air hangat dan tarik napas dalam-dalam sehingga sifat obat penenang mulai berlaku dan mengurangi ketegangan sakit kepala.

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

3. Eucalyptus Essential Oil Untuk Sakit Kepala

Eucalyptus bekerja sebagai ekspektoran – ini membantu membersihkan tubuh dari racun dan mikroorganisme berbahaya. Ini juga membuka saluran udara hidung dan menghilangkan tekanan sinus yang bisa menyebabkan sakit kepala yang tidak menyenangkan, sekaligus meningkatkan keseimbangan emosional dan meningkatkan mood.

Uji coba klinis yang dipublikasikan di Prostimate-Based Complementary and Alternative Medicine menyatakan bahwa menghirup minyak kayu putih dapat menurunkan rasa sakit dan tekanan darah seseorang. Penelitian ini melibatkan 52 pasien yang baru saja menjalani operasi penggantian lutut total. Pengobatan minyak Eucalyptus meningkatkan stabilitas emosional pada pasien, mengurangi pembentukan edema dan memiliki efek anti-inflamasi. Efek mengurangi rasa sakit dan relaksasi ini bisa bermanfaat bagi orang yang menderita sakit kepala tegang. 5

Sebuah penelitian 2011 yang dilakukan di Israel mengevaluasi keefektifan minyak kayu putih bila digunakan pada pasien dengan kondisi pernafasan yang dapat menyebabkan batuk, sakit tenggorokan dan sakit kepala tegang. Pasien melaporkan bahwa minyak kayu putih meningkatkan pernapasan dan mengurangi pilek.

Periset melaporkan bahwa minyak tersebut menunjukkan efek antiinflamasi saat digunakan untuk mengobati kondisi pernafasan. Ini menunjukkan sifat antibakteri, antiviral dan antimikroba yang mengurangi tekanan sinus yang disebabkan oleh respons inflamasi. 6

Encerkan dua sampai empat tetes minyak kayu putih dengan minyak pembawa, dan oleskan secara topikal ke dada, belakang leher, pelipis dan dahi. Ini menghilangkan penumpukan hidung dan membersihkan saluran napas Anda – mengurangi ketegangan sinus yang menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain.

4. Rosemary Essential Oil Untuk Sakit Kepala

Minyak esensial rosemary telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati sakit kepala dan sirkulasi yang buruk karena sifatnya yang merangsang, anti-inflamasi dan analgesik. Ini memiliki efek menenangkan dan meningkatkan orientasi dan kewaspadaan pribadi.

Minyak Rosemary juga mengurangi stres dan pemicu emosional yang bisa menyebabkan sakit kepala. Ini juga membantu pencernaan dan menenangkan perut yang sakit, yang bisa menjadi gejala sakit kepala yang parah. 7

Sebuah studi menarik tahun 2013 yang diterbitkan di Addiction and Health mengevaluasi kemanjuran minyak rosemary sebagai bentuk terapi herbal untuk pengunduran diri sindrom penarikan pada pasien dengan riwayat penyalahgunaan opium. Beberapa gejala penarikan opium terdiri dari mood dysphoric, mual, nyeri otot, sakit kepala, demam dan insomnia. Pengobatan Rosemary terbukti bisa mengurangi gejala tersebut bila diminum secara internal selama empat minggu. Ini mengurangi ketegangan dan otot tersentak, mengurangi rasa sakit, memperbaiki pola tidur, dan kejang yang diobati. 8

Ambil satu tetes minyak rosemary secara internal dengan menambahkannya ke teh, air atau sup saat mengalami sakit kepala atau serangan migrain. Untuk mengurangi sakit kepala, campurkan dua tetes minyak rosemary dengan dua tetes minyak peppermint dan satu sendok teh minyak kelapa, lalu gosok ke dalam pelipis, dahi dan belakang leher.

Anda juga bisa memadukan empat minyak esensial utama ini untuk mengatasi sakit kepala dengan minyak esensial chamomile, minyak cineole, minyak spearmint dan campuran minyak lainnya yang mencakup bunga hidrosol lainnya.

Cara Menggunakan Minyak Atsiri untuk Bantuan Mengurangi Sakit Kepala

Sakit Kepala Sebelah atau Migrain:

Migrain adalah jenis sakit kepala yang parah dan menyakitkan yang berhubungan dengan rasa sakit yang berdenyut, mual dan sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Migren dapat dipicu oleh stres, kecemasan, kurang tidur dan perubahan hormon. Pijat lavender atau minyak peppermint ke dalam pelipis dan belakang leher untuk meredakan sakit kepala migrain dan meredakan perasaan mual dan cemas.

Sakit kepala Karena Stress:

Ini disebut “sakit kepala stres”, dan ini ditandai sebagai tekanan, tekanan konstan atau nyeri kusam. Sakit kepala ketegangan biasanya membawa perasaan tekanan saya. Gunakan minyak kayu putih atau minyak peppermint secara topikal di pelipis, dahi dan pergelangan tangan untuk mengurangi stres dan mengurangi ketegangan. Untuk meredakan pikiran, tambahkan 5-10 tetes minyak lavender ke pemandian air hangat, atau ikuti resep ini untuk Garam Mandi Buatan Sendiri buatan sendiri.

Sakit kepala sinus:

Bila selaput rongga sinus menjadi meradang dan bengkak, Anda mungkin mengalami tekanan di daerah dahi dimana rongga ini berada, mengakibatkan sakit kepala sinus. Gunakan minyak kayu putih secara topikal di dada, di atas hidung dan bait suci untuk membuka saluran hidung dan meredakan ketegangan sinus.

Sakit Kepala karena Gula Darah Rendah:

Ini adalah rasa sakit yang disebabkan oleh kadar gula darah rendah. Kombinasikan bagian yang sama lavender, rosemary dan minyak kelapa, dan oleskan secara topikal ke bagian belakang leher, pelipis dan dahi. Atau ambillah 1 tetes rosemary secara internal dengan smoothie atau secangkir sup.

Kemungkinan Efek Samping Minyak Atsiri untuk Sakit Kepala

Saat menggunakan minyak esensial ini untuk sakit kepala, terutama di daerah sensitif seperti hidung dan dahi, sebaiknya kerutkan dulu minyak. Jika Anda belum pernah menggunakan minyak sebelumnya, lakukan tes patch cepat di area kecil kulit sebelum melamar ke area yang lebih luas.

Jika Anda menggunakan minyak ini secara internal, ingatlah bahwa sedikit berjalan jauh – 1-2 tetes harus melakukan triknya, dan jangan melebihi empat minggu tanpa melepas libur seminggu dari penggunaan internal.

Kesimpulan tentang Minyak Atsiri untuk Sakit Kepala

Empat minyak esensial utama untuk sakit kepala adalah peppermint, lavender, eucalyptus dan rosemary oil.

Cara terbaik untuk menggunakan minyak esensial untuk sakit kepala adalah dengan menyebarkannya dengan diffuser berkualitas tinggi untuk menenangkan sakit kepala.

Anda juga bisa memadukan empat minyak esensial utama ini untuk mengatasi sakit kepala dengan minyak esensial chamomile, minyak cineole, minyak spearmint dan campuran minyak lainnya yang mencakup bunga hidrosol lainnya.

sumber artikel dari website Dr. Axe 9

Pengunjung website ini membaca juga artikel dibawah ini

Frankincense Essential Oil Young Living Indonesia -Minyak esensial telah digunakan selama ribuan tahun untuk membantu proses penyembuhan secara terapeutik dan khasiatnya sebagai bagian dari terapi aromaterapi. Minyak ini bersumber dari daun, batang atau akar tanaman yang dikenal dengan khasiat membantu meningkatkan kesehatan penggunanya. Lalu, apa itu minyak esensial Frankincense?

Daftar Pustaka

Berikut sumber jurnal-jurnal penelitian klinis yang terdapat di artikel ini.

  1. Göbel H1, Fresenius J, Heinze A, Dworschak M, Soyka D.,Nervenarzt. 1996 Aug;67(8):672-81.,Effectiveness of Oleum menthae piperitae and paracetamol in therapy of headache of the tension type,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/8805113)
  2. Göbel H1, Schmidt G, Dworschak M, Stolze H, Heuss D.,Phytomedicine. 1995 Oct;2(2):93-102,Essential plant oils and headache mechanisms.,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23196150)
  3. Peir Hossein Koulivand,Maryam Khaleghi Ghadiri,and Ali Gorji.,Evid Based Complement Alternat Med. 2013; 2013: 681304.,Lavender and the Nervous System,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3612440/ 
  4. Sasannejad P1, Saeedi M, Shoeibi A, Gorji A, Abbasi M, Foroughipour M.,Eur Neurol. 2012;67(5):288-91. doi: 10.1159/000335249. Epub 2012 Apr 17."Lavender essential oil in the treatment of migraine headache: a placebo-controlled clinical trial." https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22517298
  5. Yang Suk Jun,Purum Kang,Sun Seek Min,Jeong-Min Lee,Hyo-Keun Kim,and Geun Hee Seol,Evid Based Complement Alternat Med. 2013; 2013: 502727.,Effect of Eucalyptus Oil Inhalation on Pain and Inflammatory Responses after Total Knee Replacement: A Randomized Clinical Trial,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3703330/
  6. Eran Ben-Arye, Nativ Dudai, Anat Eini, Moshe Torem, Elad Schiff, and Yoseph Rakover.,Evid Based Complement Alternat Med. 2011; 2011: 690346.,Treatment of Upper Respiratory Tract Infections in Primary Care: A Randomized Study Using Aromatic Herbs,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2967840/
  7. Yu MH1, Choi JH, Chae IG, Im HG, Yang SA, More K, Lee IS, Lee J.,Food Chem. 2013 Jan 15;136(2):1047-54.,Suppression of LPS-induced inflammatory activities by Rosmarinus officinalis L.,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/23122161
  8. Hassan Solhi, Bahman Salehi, Abbas Alimoradian, Shirin Pazouki, Mohsen Taghizadeh, Ali Mohammad Saleh,and Amir Mohammad Kazemifar.,Addict Health. 2013 Summer-Autumn; 5(3-4): 90–94.Beneficial Effects of Rosmarinus Officinalis for Treatment of Opium Withdrawal Syndrome during Addiction Treatment Programs: A Clinical Trial,https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3905473/
  9. https://draxe.com/essential-oils-for-headaches/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *