Manfaat Minyak Clary Sage untuk Nyeri Haid, Keseimbangan Hormon dan Banyak Lagi

Manfaat Minyak Clary Sage untuk Nyeri Haid, Keseimbangan Hormon dan Banyak Lagi

Tanaman Clary Sage memiliki sejarah panjang sebagai ramuan obat. Ini abadi dalam genus Salvi, dan nama ilmiahnya adalah salvia sclarea. Ini dianggap sebagai salah satu minyak esensial untuk hormon, terutama pada wanita.

Banyak klaim telah dibuat tentang manfaatnya ketika berurusan dengan kram, siklus menstruasi yang berat, hot flashes dan ketidakseimbangan hormon. Ia juga dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi, mendukung sistem pencernaan, meningkatkan kesehatan mata dan melawan leukemia.

Clary sage adalah salah satu minyak esensial yang paling menyehatkan, dengan antikonvulsif, antidepresan, antijamur, anti-infeksi, antiseptik, antiseptik, antispasmodik, astringen, dan sifat anti-inflamasi. Ini juga merupakan tonik saraf dan obat penenang dengan komponen yang menenangkan dan menghangatkan.

CLARY SAGE ADALAH

Clary sage mendapatkan namanya dari kata Latin “clarus,” yang berarti “jelas.” Ini adalah ramuan abadi yang tumbuh dari Mei hingga September, dan itu berasal dari Mediterania utara, bersama dengan beberapa daerah di Afrika Utara dan Asia Tengah.

Tingginya mencapai 4–5 kaki, dan memiliki batang persegi tebal yang ditutupi rambut. Bunga-bunga berwarna-warni, mulai dari ungu ke ungu muda, mekar dalam tandan.

Komponen utama minyak esensial clary sage adalah sclareol, alpha terpineol, geraniol, linalyl acetate, linalool, caryophyllene, neryl acetate dan germacrene-D; ia memiliki konsentrasi ester yang tinggi sekitar 72 persen.

MANFAAT MINYAK CLARY SAGE

  1. Meredakan Ketidaknyamanan Menstruasi

Clary sage berfungsi untuk mengatur siklus menstruasi dengan menyeimbangkan kadar hormon secara alami dan merangsang pembukaan sistem yang terhambat. Ini memiliki kekuatan untuk mengobati gejala PMS juga, termasuk kembung, kram, perubahan suasana hati dan mengidam makanan.

Minyak atsiri ini juga antispasmodik, artinya dapat mengatasi kejang dan masalah terkait seperti kram otot, sakit kepala, dan sakit perut. Ini dilakukan dengan melonggarkan impuls saraf yang tidak bisa kita kendalikan.

Sebuah penelitian menarik yang dilakukan di Universitas Oxford Brooks di Inggris menganalisis pengaruh aromaterapi terhadap wanita dalam persalinan. Studi ini berlangsung selama delapan tahun dan melibatkan 8.058 wanita.

Bukti dari penelitian ini menunjukkan bahwa aromaterapi dapat efektif dalam mengurangi kecemasan, ketakutan, dan rasa sakit ibu selama persalinan. Dari 10 minyak esensial yang digunakan selama persalinan, minyak clary sage dan minyak chamomile adalah yang paling efektif dalam mengurangi rasa sakit.

Studi 2012 lainnya mengukur efek aromaterapi sebagai penghilang rasa sakit selama siklus menstruasi anak perempuan sekolah menengah. Ada kelompok pijat aromaterapi dan kelompok acetaminophen (pereda nyeri dan peredam demam). Pijat aromaterapi dilakukan pada subjek dalam kelompok perlakuan, dengan perut yang dipijat sekali menggunakan minyak clary sage, marjoram, kayu manis, jahe dan geranium dalam basis minyak almond.

Tingkat nyeri haid dinilai 24 jam kemudian. Hasil penelitian menemukan bahwa pengurangan nyeri haid secara signifikan lebih tinggi pada kelompok aromaterapi daripada pada kelompok asetaminofen.

  1. Mendukung Keseimbangan Hormon

Clary sage mempengaruhi hormon-hormon tubuh karena mengandung fitoestrogen alami, yang disebut sebagai “estrogen diet” yang berasal dari tanaman dan bukan dari sistem endokrin. Fitoestrogen ini memberi clary sage kemampuan untuk menyebabkan efek estrogenik. Ini mengatur kadar estrogen dan memastikan kesehatan jangka panjang rahim – mengurangi kemungkinan kanker rahim dan ovarium.

Banyak masalah kesehatan saat ini, bahkan hal-hal seperti infertilitas, sindrom ovarium polikistik, dan kanker berbasis estrogen, disebabkan oleh kelebihan estrogen dalam tubuh – sebagian karena konsumsi kita terhadap makanan estrogen tinggi. Karena clary sage membantu menyeimbangkan level-level estrogen, itu adalah minyak esensial yang sangat efektif.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Phytotherapy Research menemukan bahwa inhalasi minyak serealia clary memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kortisol hingga 36 persen dan meningkatkan kadar hormon tiroid. Penelitian ini dilakukan pada 22 wanita pasca-menopause di usia 50-an, beberapa di antaranya didiagnosis depresi.

Pada akhir percobaan, para peneliti menyatakan bahwa “minyak serealia clary memiliki efek yang signifikan secara statistik pada menurunkan kortisol dan memiliki efek anti-depresi meningkatkan mood.”

  1. Meredakan Insomnia

Orang yang menderita insomnia mungkin merasa lega dengan minyak sage clary. Ini adalah obat penenang alami dan akan memberi Anda perasaan tenang dan damai yang diperlukan untuk tertidur. Ketika Anda tidak bisa tidur, Anda biasanya terbangun dengan perasaan tidak segar, yang berakibat pada kemampuan Anda untuk berfungsi di siang hari. Insomnia tidak hanya memengaruhi tingkat energi dan suasana hati Anda, tetapi juga kesehatan, kinerja, dan kualitas hidup Anda.

Dua penyebab utama insomnia adalah stres dan perubahan hormon. Minyak esensial alami dapat meningkatkan insomnia tanpa obat dengan mengurangi perasaan stres dan kecemasan, dan dengan menyeimbangkan kadar hormon.

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan dalam Element-Based Complementary dan Alternative Medicine menunjukkan bahwa mengoleskan minyak pijat termasuk minyak lavender, ekstrak grapefruit, minyak neroli dan clary sage pada kulit bekerja untuk meningkatkan kualitas tidur pada perawat dengan rotasi malam yang bergiliran.

  1. Meningkatkan Sirkulasi

Clary sage membuka pembuluh darah dan memungkinkan sirkulasi darah meningkat; itu juga secara alami menurunkan tekanan darah dengan mengendurkan otak dan arteri. Ini meningkatkan kinerja sistem metabolisme dengan meningkatkan jumlah oksigen yang masuk ke otot dan fungsi organ pendukung.

Sebuah studi yang dilakukan di Departemen Ilmu Keperawatan Dasar di Republik Korea mengukur kemampuan minyak serealia clary untuk menurunkan tekanan darah pada wanita dengan inkontinensia urin atau buang air kecil yang tidak disengaja. Tiga puluh empat wanita berpartisipasi dalam penelitian ini, dan mereka diberi minyak bijak clary, minyak lavender atau minyak almond (untuk kelompok kontrol); kemudian diukur setelah menghirup bau ini selama 60 menit.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok minyak clary mengalami penurunan tekanan darah sistolik yang signifikan dibandingkan dengan kelompok minyak kontrol dan lavender, penurunan tekanan darah diastolik yang signifikan dibandingkan dengan kelompok minyak lavender, dan penurunan signifikan dalam tingkat pernapasan dibandingkan dengan kontrol. kelompok.

Data menunjukkan bahwa inhalasi minyak clary mungkin berguna dalam menginduksi relaksasi pada wanita dengan inkontinensia urin, terutama saat mereka menjalani penilaian.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari minyak saring clary bersifat kardio-protektif dan dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami. Minyak ini juga mengurangi stres emosional dan meningkatkan sirkulasi – dua faktor yang sangat penting untuk mengurangi kolesterol dan mendukung sistem kardiovaskular Anda.

Satu percobaan double-blind, acak, terkontrol yang melibatkan 34 pasien wanita menunjukkan bahwa clary sage secara signifikan menurunkan tekanan darah sistolik dibandingkan dengan kelompok plasebo dan minyak lavender, dan menurunkan tekanan darah diastolik dan laju pernapasan secara signifikan. Para partisipan hanya menghirup minyak esensial clary safe dan tingkat tekanan darahnya diukur 60 menit setelah inhalasi.

  1. Bekerja sebagai Penghilang Stres

Clary sage berfungsi sebagai antidepresan dan sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk kecemasan; itu meningkatkan kepercayaan diri dan kekuatan mental sambil mengurangi perasaan cemas dan gagal. Ini juga memiliki sifat euforia, membuat Anda merasa senang dan santai.

Sebuah studi 2010 yang dilakukan di Korea Selatan menemukan bahwa minyak sereh clary dapat dikembangkan sebagai agen terapi untuk pasien dengan depresi. Untuk penelitian ini, sifat antidepresan diukur pada tikus dengan tes berenang paksa; minyak clary memiliki efek anti-stresor terkuat.

  1. Menghambat Leukemia

Sebuah studi menjanjikan yang dilakukan di Departemen Imunologi, Hellenic Anticancer Institute di Athena, Yunani, meneliti peran sclareol, senyawa kimia yang ditemukan dalam minyak saring clary, berperan dalam memerangi leukemia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sclareol mampu membunuh garis sel melalui proses apoptosis.

Apoptosis adalah proses kematian sel terprogram; penelitian yang melibatkan peran apoptosis telah meningkat secara substansial sejak awal 1990-an. Jumlah apoptosis yang tidak mencukupi menyebabkan proliferasi sel yang tidak terkontrol, seperti kanker.

  1. Membunuh Bakteri dan Infeksi

Clary sage mengekang pertumbuhan dan penyebaran infeksi bakteri dan jamur; itu juga bisa menghentikan perilaku berbahaya bakteri yang masuk ke tubuh kita melalui air atau makanan. Sifat-sifat antibakteri ini melindungi usus besar, usus, saluran kemih dan sistem ekskresi.

Minyak yang kuat ini juga antiseptik, sehingga luka tidak akan terinfeksi kuman saat Anda mengoleskan minyak esensial ini pada mereka. Properti yang bermanfaat ini akan melindungi luka dan menyembuhkan luka, dan itu akan membantu tubuh Anda untuk sembuh dengan cepat.

Sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Postepy Dermatol Alergol menemukan bahwa minyak serealia clary dapat diterapkan untuk membantu mengobati luka dan infeksi kulit karena sifat antimikroba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial memiliki aktivitas antistaphylococcal yang kuat terhadap strain klinis yang diisolasi dari infeksi luka – minyak aktif terhadap strain, termasuk Staphylococcus aureus, S. epidermidis dan S. xylosus.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Ada ester penting dalam minyak sage clary yang disebut linalyl asetat, yang merupakan fitokimia alami yang ditemukan di banyak bunga dan tanaman rempah-rempah. Ester ini mengurangi peradangan kulit dan bekerja sebagai obat alami untuk ruam; itu juga mengatur produksi minyak pada kulit.

Minyak Clary sage bekerja mirip dengan minyak jojoba dalam hal ini, jadi menggabungkan keduanya membuat pelembab kulit yang sempurna yang akan menjaga kulit bahkan sepanjang hari.

  1. Bantuan Pencernaan

Sistem pencernaan adalah fondasi kesehatan yang baik. Sistem yang luar biasa ini mencakup kombinasi saraf, hormon, bakteri, darah dan organ yang bekerja bersama untuk menyelesaikan tugas rumit mencerna makanan dan cairan yang kita konsumsi setiap hari.

Meskipun bukti tentang manfaat ini terbatas, minyak serealia clary telah digunakan untuk meningkatkan sekresi cairan dan empedu lambung, yang mempercepat dan memudahkan proses pencernaan. Dengan menghilangkan gejala gangguan pencernaan, ini meminimalkan kram, kembung dan ketidaknyamanan perut.

Minyak esensial yang kuat ini juga berfungsi untuk mencegah gangguan lambung dan membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan yang dikonsumsi sepanjang hari. Ini telah digunakan untuk mengatur pergerakan usus, meringankan sembelit, dan membantu menyembuhkan gejala maag dan luka di perut.

Cara Memperoleh Minyak Clary Sage

Anda dapat menemukan minyak esensial clary sage di toko makanan kesehatan mana pun yang menjual minyak. Ingat ketika melakukan pembelian, Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan 100 persen minyak bijak clary dan tidak ada pengisi atau produk sampingan yang ditambahkan. Cari label yang menyebutkannya dari genus salvia sclarea, dan pilih perusahaan yang memiliki reputasi baik.

Setelah Anda membawa pulang botol Anda, mulailah membuat campuran Anda sendiri untuk membuat kombinasi yang paling bermanfaat.

Clary sage oil menyatu dengan baik dengan minyak sitrus, juga lavender, cypress, frankincense, geranium, rose, vetiver dan minyak esensial cendana.

Penggunaan

  • Untuk menghilangkan stres dan aromaterapi, difus atau hirup 2-3 tetes minyak esensial clary sage.
  • Untuk meningkatkan mood dan nyeri sendi, tambahkan 3-5 tetes minyak sereh clary ke air mandi hangat. Coba gabungkan minyak esensial dengan garam epsom dan soda kue untuk membuat garam mandi penyembuhan Anda sendiri.
  • Untuk perawatan mata, tambahkan 2-3 tetes minyak bijak clary ke kain cuci bersih dan hangat; tekan kain di kedua mata selama 10 menit.
  • Untuk menghilangkan kram dan nyeri, buat minyak pijatan dengan mengencerkan 5 tetes minyak bijak clary dengan 5 tetes minyak pembawa (seperti jojoba atau minyak kelapa) dan oleskan ke area yang dibutuhkan.
  • Untuk perawatan kulit, buat campuran minyak sage clary dan minyak pembawa (seperti kelapa atau jojoba) dengan rasio 1: 1. Oleskan campuran ini langsung ke wajah, leher, dan tubuh Anda.
  • Untuk penggunaan internal, HANYA merek minyak yang sangat berkualitas harus digunakan. Tambahkan setetes minyak ke dalam air atau ambil sebagai suplemen makanan; campur minyak dengan madu atau smoothie, atau buatlah teh bijak clary (yang juga bisa Anda beli di kantong teh).
  • Untuk meringankan pencernaan, pijat perut dengan minyak klary sage dan minyak pembawa, atau gunakan kompres panas dengan 3-5 tetes minyak esensial yang direndam ke dalamnya.
  • Untuk meningkatkan doa penyembuhan atau meditasi, campurkan 6 tetes minyak sage clary dengan 2 tetes minyak kemenyan, cemara putih atau minyak jeruk. Tambahkan campuran ke diffuser atau kompor minyak.
  • Untuk meredakan gejala asma secara alami, campurkan 4 tetes minyak ini dengan minyak lavender dan pijat campuran di dada atau punggung.
  • Untuk kesehatan rambut, pijat bagian minyak clary sage yang sama dan minyak rosemary ke kulit kepala Anda saat mandi.

Efek samping

Gunakan minyak clary sage dengan hati-hati selama kehamilan, terutama selama trimester pertama atau saat menggunakannya di perut. Ini dapat menyebabkan kontraksi rahim yang mungkin berbahaya. Itu juga tidak boleh digunakan pada bayi atau balita.

Ada klaim bahwa minyak sage clary mencerahkan mata, meningkatkan penglihatan dan melindungi hilangnya penglihatan karena penuaan dini atau normal; Namun, belum ada penelitian yang cukup untuk menyarankan bahwa minyak atsiri digunakan di mata dulu. Mungkin tidak aman dan harus didiskusikan dengan dokter mata Anda terlebih dahulu.

Hindari menggunakan minyak esensial ini selama atau setelah penggunaan alkohol. Laporan menunjukkan bahwa ini dapat menyebabkan mimpi jelas dan sulit tidur. Saat menggunakan minyak oles, pastikan untuk menguji diri Anda untuk sensitivitas kulit. Terapkan ke area kecil terlebih dahulu untuk memastikan Anda tidak akan memiliki reaksi negatif.

Interaksi obat

Chloral hydrate dan hexobarbitone berinteraksi dengan clary sage oil. Mereka menyebabkan kantuk dan kantuk, dan clary sage tampaknya meningkatkan efek dari obat hipnotik dan obat penenang ini. Interaksi ini tampaknya meningkatkan efek dari dua obat farmasi.

KESIMPULAN

Clary sage adalah minyak esensial yang diekstrak dari ramuan abadi salvia sclarea. Ini telah dikenal sebagai salah satu minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan hormonal wanita.

Minyak esensial yang kuat ini telah terbukti meredakan ketidaknyamanan menstruasi, mendukung keseimbangan hormon, meredakan insomnia, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kesehatan jantung, meredakan stres, membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan kulit, melawan infeksi dan melawan leukemia.

Minyak Clary sage dapat digunakan secara aromatik, topikal dan internal. Pastikan untuk menggunakan minyak esensial murni 100 persen dari perusahaan terkemuka. Ini dapat dihirup langsung dari botol, disebarkan, dioleskan ke kulit atau dicampur menjadi smoothie.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *